Tuesday, June 4, 2013

Dibalik Giveaway Dan Kontes

"Kita tidak tahu apa yang terjadi besok atau Lusa, maka lakukan apa yang bisa kita lakukan, tidak ada waktu yang ideal untuk memulainya 
kecuali saat ini"
 


Didunia online memang tidak ada aturan yang specifik tentang tata cara berinteraksi sesama blogger kecuali secara garis besar yang sudah diatur dalam undang-undang ITE. Tapi dipostingan ini aku tidak akan membahas tentang undang-undang tersebut, melainkan tentang bagaimana bermasyarakat di dunia online khususnya bagi sesama blogger. Aku lebih suka menyebutnya dengan dunia online dibanding dunia maya. Menurutku dunia maya terkesan hanya seperti sebuah fantasi atau fata morgana belaka padahal semua terbukti nyata adanya. Aku banyak bertemu dan bertatap muka langsung dengan mereka dalam suatu pertemuan yang dinamakan Kopdar (Kopi Darat). Oke apapun istilahnya silakan menyebutnya sesuai persepsi masing-masing

Kembali pada pembahasan awal tentang bermasyarakat antar sesama blogger dan topik yang akan aku bahas adalah "Pentingkah mengikuti Give Away (GA) ataupun kontes menulis bagi para blogger?"  Sebelum membahas lebih lanjut saya tegaskan bahwa pembahasan ini hanya sebatas opini pribadi sifatnya subyektif dan tidak mengikat siapapun. Apapun keputusan tetap pada anda sendiri.

Tentu teman-teman pernah diundang iikut GA kan?. Pernahkah teman-teman blogger saat diundang untuk mengikuti GA dan kontes menjawab seperti begini "Saya tidak bisa menulis dengan baik, Saya masih newbie, saingannya banyak, temanya tidak sesuai dengan karakterku dan sebagainya yang intinya penolakan secara halus". Jika pernah berarti sama dengan yang saya lakukakan setahun lalu, berbagai alasan saya berikan demi untuk bisa menghindar dari ajakan teman. Padahal intinya karena ketidak pede-an belaka.

Setahun yang lalu tepatnya 24 Mei 2012 Pertama kali memberanikan diri ikut Kontes dan kontes pertama yang saya ikuti yang diadakan oleh Pakdhe Cholik sang Komandan BlogCamp. Dikomentar artikelku Pakdhe mengundang untuk ikut kontes yang diadakannya, parahnya waktu kopdar Pakdhe nyindir begini "seorang Blogger yang tidak berani ikut kontes berarti blogger jago kandang. Gedubrax bagai kena hook Myke Tyson, sempoyongan dan KO. Mau tidak mau harus ikut kontes juga. Maka lahirlah blog Media Macarita ini.

Bisa dibayangkan bila sang Komandan menggelar kontes pesertanya pasti bejibun. Dengan melawan rasa grogi kutulis kontes pertamaku Bangkit dan Berjuanglah. Hasil kontes pertamaku adalah BELUM MENANG. Walau kontesku belum menang tapi satu hal yang saya syukuri adalah saya telah berhasil memenangkan atas diriku sendiri yang telah berani berkompetisi, itu penting untuk membangkitkan percaya diri. Terimakasih buat Pakdhe yang sudah ngucek-ngucek saya untuk memulai ngontes.

Tidak berhenti sampai disitu berbagai event GA dan Kontes tetap saya ikuti, lagi-lagi hasilnya tetap belum menang. Sempat kecewa juga yang membebani pikiranku. Tapi aku berpikir berarti ada yang salah dalam diriku. Setelah merenung ternyata benar, Saya punya mindset atau pola pikir yang salah tentang ngontes, saya harus merubah pola pikirku sendiri jika ingin merasa enjoy, dulu saya hanya mengejar kemenangan maka kurubah untuk mengejar pertemanan, dengan demikian menulis lebih enjoy serasa tanpa beban.

Alhamdulillah dua bulan berikutnya Postinganku "Mengapa Harus Menulis" Berhasil menjadi pemenang bersama sepuluh peserta pada GA yang diadakan Ust Ahmad Muhaimmin Azzet. Kemudian Bias Midan juga bisa masuk juga di GA-nya Kang Haris, Pandangan Pertama: Pada Wajah Jelita yang diadakan Idah Ceris, Giveaway Senangnya hatiku: Menjadi Matahari yang diadakan Ust Ahmad Muhaimmin Azzet dan beberapa hari lalu Kesuksesan Yang Hakiki di GA yang diadakan mbak Evi Indrawanto.

Memang tidak banyak GA yang saya menangkan tapi setidak-tidaknya dengan keikut sertaan pada GA teman blogger berarti semakin menambah teman bahkan saudara didunia online yang kemudian berlanjut dikehidupan sebenarnya. Dari ngeblog saya banyak berkenalan dengan blogger dari arah yang tidak terpikirkan sebelumnya. Bagiku itu sudah merupakan reward yang tidak ternilai dari GA manapun.

Reward GA, Kontes dan Kuis
Keuntungan mengikuti GA selain menambah pertemanan juga bisa memecahkan kebuntuan disaat lagi kering ide, biasanya tema GA itu beragam yang memungkinkan kita menggali ide dari tema tersebut. Seperti postingan Dibalik Aroma Sakura muncul ide nulis itu dari tema GA-nya Kakaakin. Lumayan sekali mendayung dua pulau terlampaui, sekalian update blog juga sekalian berpartisipasi di GA sahabat. Tidak ada ruginya kan? Selain itu dengan ikut GA kita bisa mempromokan blog kita akan lebih dikenal secara luas.

Nah Tunggu apalagi ikuti kontes dan GA yang digelar sahabat blogger. Jangan sampai dapat predikat blogger kuper yang jago kandang seperti saya dulu.

Salam persohibloggeran. 


 

Artikel Media Macarita Sejenis

Categories: ,

42 comments:

"Setelah dibaca silakan berikan komentar sesuai isi posting. Karena isi posting sopan maka diharap komentarnya juga sopan dan tidak menulis komentar spam yang tidak ada hubungannya dengan posting. Maaf jika komentar OOT terpaksa kami hapus."

  1. Pengen ngikut GA menyemai cinta, tapi pengalaman berumah tangga baru sebentar...
    Belum banyak makan manis asam garamnya... :)

    Sukses buat mas Insan dah banyak tu buku dari Hasil GA-nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Nova, masalah Cinta itu katanya Universal
      bisa cinta pada pasangan, pada orang tua, adik kakak, sahabat bahkan cinta pada sang Pencipta, jadi jangan terpaku pada satu sudut pandang

      Delete
    2. gitu ya..., semedi dulu deh di ruang segi enam...., biar bisa melihat dari sisi sudut mana yang akan dibahas... :) (apaan coba)

      Delete
    3. Nah gitu dong, semedinya jangan kelamaan keburu DLnya abis

      Delete
  2. Sepakat sama istilah dunia online. :)
    Hahha sindiran blogger jago kandang Pakde menohok.

    Menurut saya, GA mah jangan terlalu serius2 amat kayak lomba formal, bawa enjoy aja, kan buat mempererat persohiblogingan.:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mas, intinya untuk memepererat persahabatan, Menang disukuri, belum menang anggap aja up date blog, dibikin enjoy aja

      Delete
  3. ih sama nih, aku klo GA nya disuruh nulis, males banget ikut >.< selain repot juga ga percaya diri >.< emang harus sekali2 di coba ya walaupun misalnya nggak menang xD

    Invite you to enter
    || Luch Luch Craft x Persunmall International Giveaway
    Hope you will Join :)
    || Luch Luch Craft New Post

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama dong mbak..., tapi kalau gak dicoba mana bisa pede

      Delete
  4. waduuuh..ko aku banget ya mas..hihihihi
    tp aku sih begitu punya blog sekitar 3bln yg lalu, dan langsung ikutan GAnya Lisa gopar..meskipun ga menang tapi aku langsung pede abis..padahal yang namanya blog baru tahu kala itu..trus banyak utak atik sana sini..jadilah kesini aku koment..hehehehe

    sukses selalu yaa
    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti mbak Yuli lebih hebat dari saya, harusnya lebih banyak menangnya nih

      Delete
  5. Oh ini yang dijanjikan kepada saya siang yang lalu.

    Memang benar mas, kita cari teman dan mencoba menyemarakkan pesta teman. Itu sudah hal yang menyenangkan.

    Kalah Menang sudah biasa dalam GA kan yang penting sensasinya.

    Terimakasih telah membuat saya semakin bersemangat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip Setujuu
      kalah atau menang yang penting exis

      Delete
  6. Tapiiii, tulisan ini terlalu oke untuk dilewatkan :)

    Sepakat dengan mas Insan, ikut GA itu banyak manfaatnya. Memang rasanya seperti apa, ya harus dibuktikan sendiri. Saya sudah merasakan langsung manfaatnya. Ikut GA sering juga. Walau belum seperti ketagihan, tapi udah sering dijuluki banci kontes sama teman2. Banyak kalahnya dari pada menangnya. Tapi so what gitu looh!

    Mas Insan mantap nih, hasil GAnya sudah banyak. Dari sekian GA yg mas ikuti, kalo dihitung prosentasinya, lbh byk menang drpd kalah. Kayaknya sudah waktunya keluar kandang mas. Ikutan kontes yang lebih besar lagi. Bukan sekedar GA yang diadakan teman-teman. Ayooo... Jangan jadi jago kandang. #upsss, ngumpet dibalik Fanni

    Demikian, ditunggu cerita MInya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih sepertinya harus go publik juga ya mbak..
      tu kan MI sudah update..

      Delete
  7. Subhanallah! Hasil GA kakak banyak :D

    ReplyDelete
  8. Waaahhh,.. banyak banget hadiah GA nya, saya sempet jadi orang yang anti GA, coz beberapa kali ikut cuma jadi penyemarak aja, #gakpernahMenang hikz.. ha'haaa.. akhirnya putus asa, gak pe de. de el el..

    tapi sepakat kang, GA emang full manfaat! menang/gak itu cuma kode, yg pasti berbagi itu kepuasan tersendiri... ^_~

    so'.. slm ada waktu skg saya usahain ikut GA temen2... do'ain saya menang ya.. #ehh wkwkwkwk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halah kok ada ya preman takut kalah dan putus asa..
      ya wis saling berdoa agar bisa sama2 menang

      Delete
  9. Salam kenal dari Malang ...
    Wah, ternyata udah sering ikutan GA.
    Sukses ya .

    ReplyDelete

  10. Mgikuti GA atau kontes banyak manfaat. Selain dapat hadiah juga blog akan menjadi terkenal atau dikenal blogger lain. Simak
    http://tipsjitungeblog.info/2012/04/09/manfaat-mengikuti-kontes-blog/

    hayooo ikut kotesku.http://jatuhcinta.me/fiksi/flash-fiction-writing-contest-senandung-cinta
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju Pakdhe...

      saya sedang memikirkan ikut kontes FF

      Delete
  11. Jadi, mulai sekarang, istilah Dunia Onlie akan saya terapkan. :)
    Jadi ingat pas ikut GA pertama kalinya. Adalah GA milik Bu Monda, jurinya Kaka Akin. Waaah, ketika itu rasanya takut bangett dan malu. Takut dan malu karena saya belum kenal dengan mereka. :)

    Nah,sekarang sih malah saya kecanduan untuk selalu ikut GA. Nambah sedulur dan kenang2an. Hihihihi. :P :P :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh kanawalnya deg2an lama2 ketagihan...
      tapi yg jelas nambah banyak teman kan

      Delete
  12. Iyaa beneeer! Jangan kayak saya yang kuper ini pokoknyaaa! Dulu saya ogah bersaing. Dan lebih memilih mosting seenak isi kepala saja. Gak mau ada yang ngatur-ngatur. Hasilnya? Setahun lebih saya hiatus. Dengan alasan tak ada yang bisa dikeluhkan dan dituliskan. Disinilah saya tersadar. Semua orang butuh target. Semua orang butuh konsep. Dan GA, bagi saya adalah postingan bertarget dan berkonsep yang membantu menata rapi pikiran dikepala sambil melatih diri untuk konsisten pada deadline. Seriously, selain ajang silaturrahim, GA amat sangat membantu ketika kepala terasa kosong ide.

    Terima kasih untuk postingan ini, Ammu. Kalo Ammu dulu pernah ngerasa dikucek-kucek, klo sekarang saya rasanya kayak lagi dikasi softener sekali bilas yang bikin tambah semangat ikut serta dalam GA! *bah, semangat beneur, yak? hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komentarnya bagus banget...
      semuanya memang harus ada target, agar lebih memacu diri.

      tetap jaga semangat ya...

      Delete
  13. tulisan menarikkkkkkkkkk saya untuk lebih giat ikut GA, enjoy nikmati saja menulis untuk GA..:)

    ReplyDelete
  14. tiap ikut GA selalu mepet deadline hhee... pa kabar mas Insan? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa penulis takut Deadline..
      Alhamdulillah Kabar baik Monika

      Delete
  15. Sebanarnya inti dari kita ngeblog merupakan berbagi dan bersilaturahmi untuk saling mengenal dengan konsep asa, asi, dan asuh dalam proses pembentukan karakter sebuah kreatifitas yang berinovasi .
    ( loh,,,,, ko jadi formal ya..... Ha,,,,,x9)

    Sukses selalu Kang
    Salam wisata

    ReplyDelete
  16. aissh.. nylekit banget ini postingan, kerasa deh jarang ikut GA. hihihi
    makasih udah ngingetin saya,

    hayu ah, cek list GA lagi.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. [im]https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcS9fOCIY-SSC9UXkvt8i_EOvzvLTN-nhCZwox2RlgthL-KB2MuZ[/im]

      Delete
  17. Dulu saya juga gitu, suka gak pede sama tulisan saya, jadi sudah kalah sebelum bertanding...hehee...., tapi akhir-akhir ini entah kenapa jadi keranjingan ikut Ga... rasanya puas gitu setelah menuliskan cerita-cerita yang tersimpan selama ini, dan tentu nya sesuai dengan tema GA nya....,,

    salam kenal, mas...., kunjungan balik nich....hehee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya percaya mbak setiap orang punya karakter menulis yang berbeda dan unik, jadi tetap aja mencoba ya mbak.

      Delete
  18. Saya baru-baru ini tahu dan ikutan GA mas..senang juga, walaupun belum pernah menang tapi bisa menjalin silaturahmi dan menjadi media untuk belajar serta menambah semangat menulis.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. menang atau kalah bukan ukuran baik dan tidaknya tulisan hanya masalah waktu aja mbak..
      semangat nulis, jangan seperti saya dulu...

      Delete
  19. Salam kenal mas...
    Setuju, saya juga nulisnya amburadul, teu paruguh, tp ingin terus belajar hehe

    ReplyDelete
  20. Setuju banget deh dengan tulisan ini.. ^_^
    Jujur saya kemarin juga sempet risih melihat istilah GA, kontes dsb itu.. Seingatnya kemarin saya pun baru tahu ada yang seperti itu setelah ikut gabung di group2 blogger yg ada di FB.. Jadi mungkin emang bener jga ya bisa dibilang saya masih 'kuper'.. hehehe..

    tapi gitu saya pelajari maksud dn tujuannya, trus sempet sharing2 juga sama blogger yg udah senior toh saya baru paham ternyata asyiknya GA itu iyaa bisa untuk menjalin Persahabatan..

    ReplyDelete