Friday, May 31, 2013

Melukis Tulip Bersama Pelangi

Dalam rangka menyukuri dan memeringati Hari Berdiri BlogCamp yang ke-4 tahun 2013, Komandan BlogCamp Group menggelar kontes unggulan bertajuk Blog Review Saling Berhadapan. Sebagai arek Suroboyo pantang menolak tantangan apalagi aku sudah mendapat kepercayaan memegang ID Card premium sebagai keluarga Cemara. OK. Langsung aja ke acara Review.

Kali ini aku mencoba mereview blog dengan titel "Melukis Pelangi" milik Meutia Rahmah biasa dipanggil dengan panggilan Tia. Untuk lebih kenal silakan baca disini . Perkenalanku berawal saat aku join di komunitas blogger dijejaring sosial Facebook yang kebetulan waktu itu Tia menjadi adminnya. Sudah cukup lama aku mengenal blog ini, bahkan perubahan nama dan dekorasi templatepun tidak lepas dari perhatianku. Meutia Rahmah adalah salah satu blogger yang tulisannya menjadi favoritku, cara mengemas kata demi katanya sangat lembut indah memanjakan pembacanya. Dulu aku mengenalnya blog ini dengan nama Tulipqta. Karena pemiliknya yang kutahu adalah gadis penyuka bunga tulip.


Membuka blog Melukis Pelangi ini kesan pertama yang kudapat adalah suasana cerah-ceria dengan tampilan header warna-warni tapi tidak norak, pemilihan warna yang soft terasa fresh dan membuat nyaman dimata apalagi dengan kombinasi warna di menubar yang senada dengan headernya membuat pengunjung bisa betah berlama-lama dilapak ini. Tetapi sebenarnya kekuatan di blog ini bukan dari header atau tutorial lain melainkan ada pada tulisan dipostingannya.

Sejujurnya aku banyak terinspirasi dan belajar cara menulis yang baik dan benar dari Tia. Bagiku dia sosok yang punya potensi serta bakat yang kuat dalam hal menulis. Itu bisa dilihat dari berbagai tulisan dipostingannya. Tia sangat pintar merangkai kata demi kata menjadi kalimat indah penuh makna. Rasanya tidak berlebihan jika aku mengatakan Tia sebagai blogger yang cerdas apalagi dibalut dengan nuansa religius.

Header Melukis Pelangi
Tapi satu hal lagi yang menjadi kekuatan utama dari sebuah blog Melukis Pelangi adalah keramahan si pemilik blog itu sendiri. Dengan followernya yang sudah mencapai 507 menjadi bukti sahih bahwa kehadirannya bisa diterima didunia perbloggeran, sebuah pencapaian yang luar biasa tentunya. Bukan itu saja kegiatan silaturahminya (bewe) juga  tidak ditinggalkan walau disela-sela kesibukannya sebagai dosen. Serangkaian kontes atau Give Away juga tidak luput dari perhatiannya.

Bewe merupakan ruh dari ngeblog sedangkan mengikuti kontes, giveaway atau sejenisnya bisa membangkitkan imaginasi menulis, menambah pertemanan sekaligus juga sebagai sarana promo blog. Selain itu juga supaya tidak dicap sebagai blogger yang kuper.  Cara-cara itu akan lebih elegant dibanding sekedar mencari kemenangan semata. Sebaik apapun blognya jika pemiliknya tidak ramah dan mengekslusivekan diri juga tidak ada artinya, hanya akan dibaca sendiri kurang memberi manfaat kepada orang lain.

*****

Setelah mereview authornya sekarang aku mencoba mereview blognya. Blog Melukis Pelangi ini dari analisa berdasarkan fasilitas Website Speed Test mempunyai kecepatan loading 0,12 seconds dari total berat blog 65,32 KB. Blog ini termasuk cukup cepat loading speednya. Itu sangat penting bagi blog yang ingin banyak pengunjungnya. Karena pengunjung juga butuh kenyamanan disaat berkunjung kesuatu blog. Dunia online sebenarnya tidak berbeda dengan dunia nyata efektifitas sangat diperlukan.

Sayang sekali jika posting artikelnya bagus tapi karena berat loadingnya pengunjung jadi enggan datang. Masih banyak blogger yang mendesign blognya dengan berbagai pernak-pernik ditempelin diwidgetnya. Segala macam widget dipasang sampai blog terasa penuh sesak. Sebenarnya boleh-boleh aja sih kalau memang blognya inginnya dibaca sendiri, tapi kalau ingin banyak dikunjungi sebaiknya perlu berpikir ulang lagi mana widget dan asessoris yang perlu dan tidak perlu dipasang.

Blog Melukis Pelangi didominasi warna cerah dan putih memang tampak minimalis tapi tidak membuat mata sakit, warna cerah sangat berpengaruh pada speed loading dan sangat berpengaruh terhadap optimasi SEO (untuk masalah SEO biar lebih jelas silakan konsultasi kepada teh Nchie Hanie aja ya). Tapi sepertinya pemilik blog ini sudah mengerti seluk-beluk tentang SEO  dan berbagai tutorial yang diperlukan serta sangat paham akan kewajibannya sebagai seorang blogger. Maklumlah siapa dibalik itu semua. hehehehe... Piiisss ya Tia.

Secara keseluruhan blog ini sudah bagus dari segi tampilan, kecepatan dan optimasi SEO, hanya sedikit catatan dariku, akan lebih baik bila ditambah dengan Popular post atau Related Post (Artikel Terkait) pilih salah satunya. Karena widget itu akan membantu memudahkan pengunjung untuk membaca artikel yang lain. Bila pengunjungnya merasa nyaman dan betah berlama-lama maka tidak lama Page Rank akan bertambah juga.

Salam Persohibloggeran.







Artikel Media Macarita Sejenis

Categories: ,

40 comments:

"Setelah dibaca silakan berikan komentar sesuai isi posting. Karena isi posting sopan maka diharap komentarnya juga sopan dan tidak menulis komentar spam yang tidak ada hubungannya dengan posting. Maaf jika komentar OOT terpaksa kami hapus."

  1. terima kasih mas insan atas sarannya..insyaallah akan bebenah lagi, panggil mamang cilok hehehe..smoga sukses kontesnya,,,,sabar yah reviewku belum launching hehe .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sambil berharap2 cemas direview Tia..., ku kan sabar menantimu... ups... lirik mamang cilok...

      Delete
    2. malem2 ginimakan cilok enak ya..
      mamaang cilook peseen :P

      Delete
    3. masa penjual cilok pesen cilok juga... qiqiqiqi

      Delete
  2. weh... keren emang mbak meuti ini.. followernya banyaaaaaaaaakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tuh... jiper juga disuruh ngereview dia

      Delete
  3. Aku belum buat niih. Kok pada canggih2 ya reviewnya. Belum2 udah ciuuuutt.

    Mas Insan reviewnya mantap nih. Semoga berjaya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah... mundur aja deh...
      udah tau asal2an review dibilang mantab..

      Delete
  4. muantabs tenaan ripyuu nya..
    yang nge ripyu nya juga..

    sukses ya buat pasangan inih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah pakar SEO datang nih...
      ngumpet dibalik pintu...

      Delete
  5. wah mas insan ngontes repiu...aku blm ikutan..blm py pasangan *melas
    sukses ngontesnya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe... kasihan... ups...
      tau gitu saya ajak berpasangan mbak... main dakon.. hihihi

      Delete
  6. ah... Saya jadi patah semangat...* tapi bisa belajar dari posting ini, kalau2 suatu saat ada kontes review lagi ... :)
    Terimakasih postingnya..

    Sukses buat mas insan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halah... reviewnya mbak Nova bagus juga kok..

      semoga sukses juga ya...

      Delete
  7. Terima kasih atas partisipasi sahabat
    Segera dicatat sebagai peserta Kontes Unggulan Blog Review Saling Berhadapan
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Matur nuwun pakdhe...

      Slam hormat buat Komandan

      Delete
  8. secara tidak langsung, jadi lebih mengenal Kak Tia lewat review ini.
    Terima kasih :)
    dan manaja'ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo..haloo... Pita..
      bukannya Pita sdh mengenal Tia juga..?

      Delete
    2. sudah.. hanya saja kadang kita luput untuk menilai beberapa hal.. dan penilaianku bertambah dengan review ini :)

      Delete
  9. dulu di bloofers.org ada juga ya kang kolom blog review..:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kang.... sekarang bloofers.org terbengkalai
      hiks....hiks...

      Delete
    2. gimana ya caranya menghidupkan lagi?? tolong disounding ke temen2 bloofers kang...moso dari ribuan temen2 ga ada yang seide nih

      Delete
    3. Siap kang..
      bagian obrak-abrik saya

      Delete
  10. heumm,singkat padat mas reviewnya. mbk tia termasuk salah satu pengunjung di gubukku,eh baru tau kalo dosen hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. singkat padat merayap... xixixixi
      masa sih baru tau...

      Delete
  11. Aku belum kenal sama Mba Tia. .
    Setelah ini saya langsung meluncur ke Blog Pelangi yang suka bunga tulip itu. :)

    Sukses ngontesnya, Om.

    ReplyDelete
    Replies
    1. datangin aja sekalian kenalan...
      salaman dulu...

      makasih ya Idah

      Delete
  12. Loh komenku kok gak nyantol kemarin? sampean delikno sam? haha

    Sepakat sam, mbak Meutia emang essip markosip, pertama masuk blognya saya lansung jatuh cinta ama tulisannya. Bahkan saya masukin dalam headline timeline FB saya hahaha

    sukses kontesnya yo saaaaam

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya... eh inget aku tulisan tentang fatimah ya...
      Masa gak nyantol, gak ada kok, diubek2 di spam juga gak ada..

      Suwun Uncle

      Delete
  13. seperti pelangi wayang berwarna warni semoga bisa memancarkan keceriaan untuk semua :) kenalan ah dengan pemilik blognya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju bak Lidya...
      hayo silakan berkenalan

      Delete
  14. wow.. keren reviewnya kang... tentunya sama kerennya dengan blog yang review.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan tidak kalah kerennya sama blognya yang kasih komen

      Delete
  15. Review yang keren. Tidak diragukan lagi deh kalau soal review blog. mas Insan emang jagonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahahaha....
      review acak kadud mbak..

      Delete
  16. membaca review ini jadi kepingin main-main di blog melukis pelangi, sepertinya tempat yang menyenangkan, meluncurrr ahhh :)

    ReplyDelete