Friday, June 28, 2013

Membeli Kucing Dalam Karung

Di era yang serba online memang memungkinkan kita bisa melakukan aktifitas apapun melalu media online. Salah satunya adalah berbelanja via online (Onlineshop). Dari media online kita sangat mudah mencari barang apapun bahkan yang sulit ditemukan di toko-toko atau di mall. Dengan bertanya ke-mbah gugel yang kita inginkan nyaris selalu ada dan tersedia. Belanja online memang sangat menjanjikan bagi orang yang suka shoping tapi tidak cukup banyak waktu untuk datang ke Mall ataupun shoping Centre. Bayangkan kita bisa memilih produk sesukanya dari A - Z dengan beraneka harga dan kuwalitas sambil tetap bisa menjalankan aktifitas lain. Luar biasanya tidak terikat ruang dan waktu serta tidak merasa risih diikuti pelayan tokonya.

Saya memang bukan orang yang sering belanja online hanya beberapa kali saja itupun tidak dengan nominal harga tinggi. Biasanya yang kubeli berupa buku. Sejauh ini masih aman-aman saja. Sejujurnya aku lebih suka belanja secara konvensional, tapi bukan berarti anti toko online loh, bukan itu!. Tetapi karena aku termasuk salah satu orang yang tidak terlalu suka belanja (baca tongpes) lagian apa yang aku perlukan biasanya sudah disediakan dirumah. Selain itu aku suka yang praktis-praktis saja ada uang ada barang langsung pakai dan selesai. Pengalaman dari melihat teman yang gemar belanja online biasanya setelah transaksi transfer uang harus nunggu barang dikirim via ekspedisi, belum lagi sempat spot jantung bila kiriman telat dari perkiraan. Padahal menunggu itu sangatlah membosankan bagiku.

Tapi seperti yang sudah aku ceritakan diatas belanja online memang sangat menjanjikan dan punya prospek yang bagus kedepannya. Keuntungan berbisnis online bisa mengurangi cost pengeluaran, karena tidak perlu merekrut karyawan, tidak perlu harus membeli/menyewa ruko atau lokasi yang strategis tidak juga menyiapkan gudang penyimpanan stok barang, dengan system online memungkinkan bisa bekerja sama untuk saling menawarkan produk secara bersama. Bisnis online bisa disebut bisnis kepercayaan maka komitment sangat diperlukan. Jika sekali berbuat curang maka akan jadi bumerang bagi diri sendiri.

Kalau dipikir belanja via online ibarat membeli kucing dalam karung tanpa bisa melihat secara langsung barang yang akan dibeli hanya berdasarkan gambar dan spek yang dipajang di situsnya bisa jadi kita untung bisa juga malah buntung. Tanpa bermaksud menggurui sebaiknya jika belanja online sebelumnya mencari referensi dulu tentang keberadaan toko onlinenya, kredibilitas dan kejujuran jadi prioritas persyaratan agar tidak salah memilih, mengingat makin banyak penipuan bisnis online. Tapi bagaimanapun keberadaan bisnis online sangatlah menguntungkan bagi pihak konsumen asalkan disertai dengan kejujuran dari pihak produsen dan ditunjang kinerja yang baik dari pihak ekspedisi.







Artikel Media Macarita Sejenis

Categories:

18 comments:

"Setelah dibaca silakan berikan komentar sesuai isi posting. Karena isi posting sopan maka diharap komentarnya juga sopan dan tidak menulis komentar spam yang tidak ada hubungannya dengan posting. Maaf jika komentar OOT terpaksa kami hapus."

  1. Media online juga bisa dijadikan proses pembelajaran bagi setiap pihak, terutama dalam kejujuran dan dalam menjalin silaturahmi anatara penjual dan pembeli. Walau pun yang harus kita kedepankan rasa saling percaya satu dengan yang lainnya.

    Semoga sukses GA nya Kang.

    Salam wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komentarnya luar biasa sangat bijak, selalu suka

      Delete
  2. Yang dibutuhkan sekarang adalah saling percaya aja ya, Opa.
    Supaya kucingnya bisa keluar dari karung. .. Hihihi

    Saya juga jarang belanja online. Dulu malah pernah ketipu. :)
    Ini lho, saya ketipu kucing. . .
    http://idahceris.com/kontes/belanja-online-itu-mudah-tapi

    ReplyDelete
  3. hehe saya juga jarang belanja online mas insan, kalau beli suku sih pernah dan sesuai pesanan, pernah beli baju kok yg dikirim berbeda, lepas tu saya tak nak lagi belanja online hehe...saya kira beneran membeli kucing dari karung :0

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli baju wanita dikasih kemeja pria ya..??
      dikasih ke mamang dong...

      Delete
  4. Udah punya kucing banyak kok masih beli kucing sih mas? #Eeeh

    Aku belum pernah belanja on line. Kalau belanja sama teman yang punya bisnis on line sih sering.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagi ternak kucing mbak...
      Saya pernah tapi sudah ada referensi dari teman.

      Delete
  5. Gue juga sering belanja onlain,,, meskipun resikonya terlalu besar tapi tidak ada pilihan lain karena barang yang kita cari tidak ada di daerah gue, makanya gue memilih belanja via onlain,,,

    Gue setuju. Sob dengan artikel di atas sebelum belanja kita cari tau dulu latar belakang toko onlain itu?

    & di usahakan dalam membeli barang,,, cary barang yang murah'' aja agar kalo kita di kibuli ruginya tidak banyak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk daerah2 tertentu memang sangat menguntungkan walo tetap beresiko, pokoknya pinter2 aja pilih toko online

      Delete
  6. Terima kasih sudah berpartisipasi dalam Arr Rian's Giveaway.

    Yes! Tercatat sebagai peserta :)

    ReplyDelete
  7. Kadang berbelanja online mas, cuma utk produk tertentu saja; buku, kaos yg unik, dan baju anak...sementara ini sih, aman2 saja, belum nemuin kucing garong hahaha...semoga saja tdk pernah nemuin...semoga sukses GA-nya ya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang sih kalau barang yang susah nyarinya atau jarang ada dipasaran memang sangat perlu

      Makasih mas Anton

      Delete
  8. belanja online memang praktis tp resiko barang tk sesuai harapan kadang harus siap ditanggung konsumen ^_^

    sukses GAnya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Resiko ditanggung penumpang ya ... eh konsumen...

      Makasih mbak Enny

      Delete
  9. Ayoo, siapa tuh yang mau beli kucing dalam karung. Gak kelihatan blas :D

    Terima kasih udah ikutan Arr Rian's Giveaway :)

    ReplyDelete