Tuesday, December 4, 2012

Semalam bersama Seroja

Ketika menyebut nama seroja? mungkin bayangan kita tertuju pada sebuah tumbuhan yang hidup di air dengan bunga indah berwarna putih, pink ataupun kuning. Tapi bukan itu yang saya maksudkan disini, Seroja adalah nama sebuah warung sederhana yang menjual bakso aneka es, kopi dan minuman ringan lain serta ada juga mie rebus. Lantas apa istimewanya Warung seroja itu?

Seroja adalah nama sebuah warung yang diambil dari kata Sehat Rohani dan Jasmani jadi Warung Seroja selain menghidangkan makanan yang halal untuk kebutuhan jasmani juga sebagai sarana bertemunya pada ustadz dan orang-orang yang ingin belajar tentang agama alias untuk konsumsi rohani. Ruangan tidak luas tapi dikemas cukup rapi sehingga bisa memuat lebih banyak orang.

Warung Seroja
Warung seroja yang bertempat di Perum Makarya Binangun ini di pandegani oleh Bang Sofyan seorang laki-laki bertubuh ramping dengan rambut panjang terikat dan kumis serta jenggot yang dibiarkan memanjang, sekilas tampak seperti seorang sufi. Juga ada Ustad Yongky Alit admin dari komunitas Alit (Amalan dan Ilmu Tauhid) 

Bang Sofyan dan Ust Yongki
Malam itu tanpa rencana sebelumnya aku meluncur ke warung seroja bersama Ustad Ibnu, nah disana tampak sudah ramai karena di warung seroja memang tidak pernah sepi, pengunjungnya beragam dari remaja hingga bapak-bapak. Satu hal yang menyenangkan kehadirannya tidak lepas dari salam. 

Ust Ibnu
Bersama saudara semuslim kami berkumpul berdiskusi dan saling mengemukakan pendapat. Disinilah kita saling mengisi saling asah asih dan asuh. Tidak ada yang boleh menonjolkan diri atau seperti istilah berdiri sama tinggi duduk sama rendah, walau kita tidak ada yang boleh menonjolkan diri bukan berarti pendapat yang dikemukakan bisa sak karepe dewe tapi harus berdasarkan data dan fakta serta bisa dipertanggung jawabkan.

Warung Seroja
Tidak ada yang boleh melakukan perdebatan, karena sesungguhnya sesama muslim diharamkan adanya jidal atau debat kusir yang tidak jelas juntrungannya. Karena setiap kata yang kita sampaikan ada pertanggung-jawabannya di alam mashar nanti. Sungguh suatu kebahagiaan bila bisa bertemu dengan saudara seiman yang mempunyai visi dan misi yang sama yaitu berusaha mewujudkan Islam yang Rahmatan lil alamiin.

Perbedaan hal biasa tapi dari perbedaan inilah kami mencari solusi dan benang merahnya karena Islam punya dimensi yang luas, Islam punya dimensi lahiriah dan bathiniah. Dalam setiap pertemuan selalu diutamakan untuk saling menghargai pendapat orang lain, karena bisa jadi yang kita anggap benar itu salah dan yang kita anggap salah adalah benar. 

Berangkat dari kesamaan visi inilah kami bisa merasakan bahwa sangat benar jika Rasulullah menggambarkan bahwa sesama muslim itu ibarat satu tubuh, apabila satu merasa sakit maka yang lainpun ikut merasakan pula. Karena kekuatan Islam adalah dari sikap kasih sayang yang disifati oleh sifat Allah yaitu Ar-rahman Ar-rahim.

Jadi kenapa kita tidak mau bersatu untuk menegakkan Islam ?


Artikel Media Macarita Sejenis

Categories:

12 comments:

"Setelah dibaca silakan berikan komentar sesuai isi posting. Karena isi posting sopan maka diharap komentarnya juga sopan dan tidak menulis komentar spam yang tidak ada hubungannya dengan posting. Maaf jika komentar OOT terpaksa kami hapus."

  1. Wahh... warungnya bener2 sehat jasmani rohani tuuh... Bisa diskusi tentang Islam dengan terbuka. Menambah keimanan. Jadi tidak sekedar rumpian ngalor ngidul yg ngga nggenah.
    Senang ya mas bisa berkumpul dengan orang2 yang satu visi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah begitu mbak..
      Justru itu bagai mana menciptakan acara kumpul2 menjadi hal positif

      Delete
  2. berkumpul diwarang, perut kenyang ilmu juga dapat ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya begitulah mbak Lidya..
      sekalian bersilaturahmi

      Delete
  3. senengnya bisa kumpul sambil diskusi, apalagi yg diomongin sesuatu yg bermanfaat.

    ReplyDelete
  4. sekali makan beberapa pulau terlampaui yaa om, sekalian ketemu silahturahmi dan berbagi ilmu agama, keren deh warung e :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups Niar, tapi kedai di pujasera gak kalah kerennya kok

      Delete
  5. Warungnya rame ya Kang. Semoga terus tetap berjalan silaturahmi dan membawa keberkahan di dalamnya. Amiiin.... !


    Sukses sellalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...,Insya Allah kang Indra
      makasih kunjungannya

      Delete
  6. warungnya menarik sekali mas..

    perdebatan di hindari supaya tidak terjadi pecah belah ya mas..

    ReplyDelete
  7. wah jadi pingin buka warung seperti warung seroja ini, salam sukses aja

    ReplyDelete