Thursday, September 12, 2013

Mengeja Hitam dan Putih

Jauh sudah aku berjalan menelusuri dunia online, beragam karakter kutemui, beragam warna telah kunikmati dan beragam keramah tamahan kutemui menyambut kehadiranku. Tak bosan rasanya aku melihat-lihat keelokan rumah yang berjajar indah di komplek Webers masing-masing menawarkan pesona yang berbeda. Sampai akhirnya aku menginjakkan kaki disebuah rumah yang didominasi warna Hitam dan Putih. Sejenak kutertegun dan berdecak melihat interior yang terpasang dirumah itu. kubiarkan bola mata ini berputar mengelilingi ruangan itu untuk menikmati detil-detil yang terpasang di ruangan itu.


Interior ruangannya sederhana dan terkesan minimalis tapi tidak mengurangi esensi keindahannya, pemasangan menu-menu sebagai dekorasinya cukup matching dengan warna ruangan yang dominan putih. Tadinya aku bertanya dalam hati, apa mungkin pemilik ruangan ini masih newbie, dari cara pengaturan cukup apik dan kreatif, bisa memodifikasi bahkan bisa membuat template sendiri tentunya hanya bisa dilakukan orang yang sudah punya jam terbang tinggi dalam perbloggeran.

Tepat sekali.!, Pertanyaanku terjawab sudah, di postingan yang berjudul Metamorfosis menjadi blogger diposting itu dikupas tuntas tentang jatuh bangunnya si pemilik ruangan bernuansa hitam putih ini dari A sampai Z dalam upayanya menjadi seorang blogger yang baik dan berkomitmen. Semoga tetap bisa menjaga konsistensi dalam ngeblog ya.

Kembali menikmati ruangannya. Sebagai orang yang berkecimpung di dunia desain grafis tentunya perhatianku yang utama pada sisi kerapian dan kenyamanan mata memandang. Bagiku tampilan ruang baca ini sangat fresh jernih dan tidak membuat mata kriyep-kriyep, karena tampilan size font cukup bersahabat khususnya bagi yang sudah terkendala dengan faktor U.


Berikut catatanku tentang si Hitam Putih ini
Melihat halaman beranda kita disambut dengan ucapan "Selamat Datang Sahabat! Selamat Membaca dam Semoga Bermanfaat" Diatasnya tersemat nama si pemilik rumah "Chaidir" dengan tagline berbagi pengalaman dan pengetahuan. Dibagian atas kita disuguhi dengan berbagai menu dengan berbagai kategori. Setelah diklik menu "Blog" disitu tersedia berbagai jenis artikel seperti pengalaman, pendidikan, cord lagu sampai tentang Agama. Sangat variatif sekali ruangan ini sangat memungkinkan kita memilih berbagai jenis bacaan.

Tapi jika boleh sedikit menyarankan, sebenarnya aku lebih setuju jika blog ini diisi dengan satu genre artikel saja karena dengan jenis artikel bervariasi tentu membutuhkan optimisasi SEO yang cukup berat karena google sulit menentukan tema apa dari blog tersebut. Solusinya jika tetap bersikukuh dengan blog artikel campuran maka harus memiliki artikel banyak dan yang benar-benar berkualitas.


Dari sisi tampilan, saya suka dengan tampilannya yang fresh, selain tidak membuat mata sakit untuk speed loadingnya cukup bagus, kecepatan loading sangat berpengaruh bagi ramainya pengunjung. Sekeren apapun sebuah blog dan sebagus apapun tulisannya jika blognya berat maka pengunjung akan lari tunggang langgang dan enggan untuk kembali lagi. Setelah aku coba cek dengan tools online yang bernama Iwebstools Speed Test hasilnya seperti ini.
Size: 69.08 KB, Load Time 0.22, Average Speed per KB: 0 Seconds

Dari hasil tersebut yang paling penting adalah pada sizenya sedangkan untuk Load Time dan Average Speed bisa berubah-ubah tergantung dari koneksi internet. Standard untuk Size idealnya tidak lebih dari 100 KB, jika lebih maka ada sesuatu yang perlu dibenahi misalnya ada kode CSS yg perlu dikompres.


Jika dilihat dari Gtmetrik didapati hasil seperti ini
Page Speed Grade A (95%), YSlow B (87) 

Blog ini termasuk kategori punya speed yang bagus jika dilihat dari perbandingannya blog/web yang menjadi standar kecepatannya yaitu nilai tercepat loading blog yang memiliki artikel lebih dari 25 itu page speednya maksimal 95 % dan Yslow nya maksimal 90 % (untuk yang tidak punya artikel, maksimal page speednya 98% dan Yslownya 95%). Dari dua tool online service ini saya pikir sudah cukup mewakili untuk mengukur speed loading dari blog ini. Memang sepertinya si pemilik blog ini sudah memperhitungkan speed loadingnya.

Setelah puas mengobrak-abrik ruangan hitam putih akhirnya datang juga si pemilik. Seorang lelaki muda berkaca-mata tersenyum menyapaku sambil memperkenal diri. Orangnya cukup friendly, dari sorot matanya tampak orangnya cukup smart, seorang yang mau belajar dan pantang menyerah. Perjalanannya dalam menggeluti dunia blogsphere sangat menginspirasi.

Penasaran..? baca sendiri cerita-ceritanya di rumah hitam-putih.


Tulisan ini diikutsertakan dalam "First Give Away Chaidir's Web"
   



Artikel Media Macarita Sejenis

Categories:

23 comments:

"Setelah dibaca silakan berikan komentar sesuai isi posting. Karena isi posting sopan maka diharap komentarnya juga sopan dan tidak menulis komentar spam yang tidak ada hubungannya dengan posting. Maaf jika komentar OOT terpaksa kami hapus."

  1. Terima Kasih Mas Insan Robbani.. ^_^
    Semoga tulisan ini bisa menjadi semangat dan bermanfaat buat saya..

    Salam Persahabatan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas...
      maafkan aku yang tidak pandai mereview

      Delete
    2. Dirivai senior nih ye mas Chaidir hehehe

      sukses GA-nya sam..

      Delete
    3. Iyaa nih Uncle.. senengnya bisa dapet review dari senior.. hehehe.. :-D

      Delete
  2. Review hebat yang disampaikan dengan bahasa yang indah. Feeling saya bakalan menang nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. feeling... oh feeling...
      ngereview sambil ngos2an mbak

      Delete
    2. Penyanyi yang beraksi cuma Kotak loh Bunda.

      Berarti Om Insan, #KerabatKotak.

      Saya mah, bukan Kerabat Kotak tapi ngefansnya sama Tantri doang.

      Delete
    3. Kalau Jaswan dimasukin kotak aja...
      wkwkwkwkwkwk

      Delete
  3. wah saingannya cak jaswan nih,,, tuk mereview ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hik hik, aku masih perlu banyak belajar dari Om Insan mas.

      Gak apa apa Om insan jadi yang nomor dua asalkan saya yang nomor satu.

      Hehehee...

      #Kabur...

      Delete
  4. Tinjauan yang ringkas tapi padat.

    ReplyDelete
  5. dikira mau bercerita apa.. ternyata ini sebuah review.. terjbak nih :S

    ReplyDelete
  6. Cara berceritanya baguuuusss....
    semoga menang ya bang Insan. :)

    ReplyDelete
  7. Ternyata sampean ikutan juga Om.

    Reviewnya bagus, di kemas dengan bahasa yang luar biasa indah.

    Dipadu dengan pengetahuan yang cukup luas.

    Menjadikan review ini, sulit terkalahkan oleh siapapun. Termasuk punya saya.

    Pokonya #Lewat sama reviewnya Om Insan.

    Selamat berkompetisi ya Om.

    ReplyDelete
  8. wuih,komplit ya...saya angkat tangan deh kl disuruh review :D

    ReplyDelete
  9. dari judulnya dhe kira ini postingan agak amat serius, ternyata eh ternyata ujung-ujungnya kontes juga. hahahahaha. :p

    sukses ngontesnya kang, semoga berjaya.

    ReplyDelete
  10. wah suka dengan ulasan nya...semoga menang :D..

    ReplyDelete
  11. Wow, suka deh cara Mas Insan membuka paragraf di artikel ini. Dan reviewnya apalagi, suka banget! Profesional sekali reviewnya, jadi pengen kenalan juga dengan si pemilik rumah bernuansa hitam putih ini ah! Trims, Mas Insan, sukses yaaa!

    ReplyDelete
  12. Review ini cocok untuk sebagai pedoman bagi siapa saja yang akam memiliki web blog. Seperti saya harus masih terus belajar dari para senior.

    Salam,

    ReplyDelete
  13. Tuuh kaaan bener feelingku... Menang khaaan....
    Selamat ya... Macarita memang makin keren deh (Y)

    ReplyDelete
  14. wah direview mas insan ya. saya belum kenalan sama pemilik blognya

    ReplyDelete